Sunday, September 8, 2013

Contoh RKH Sentra


RENCANA KEGIATAN HARIAN
Nama Sekolah             : RA Asy-Syifa
Semester/Minggu        : I/I
Kelompok                    : B
Tema/Sub Tema          : Tanaman/Tanaman Bunga (Bunga Mawar)
Hari/  Tanggal             :
Alokasi Waktu             : 08.00-11.00 Wib
Sentra                           :Persiapan

I.                   Tingkat Pencapaian Perkembangan
PAI
Mampu menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah (PAI 14)
Aklaqul Karimah Sosial Emosional dan kemandirian
Mengenal tatacara beraklaq/berperilaku terhadap binatang dan alam (ASK 5)
Bahasa
Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah didengar (Bhs 9)
Menulis nama sendiri (Bhs 15)
Kognitif
Menyebutkan lambang bilangan 1-10 (Kog 12)
Mengenal pola ABCD-ABCD (Kog 10)
Fisik Motorik
Melakukan permainan fisik secara teratur (FK 3)
Meniru Bentuk (FH 7)

II.                Capaian Perkembangan
PAI
Mampu menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah (PAI 14.1)
Aklaqul Karimah Sosial Emosional dan kemandirian
Menyayangi ciptaan Alloh (ASK 4.1)
Bahasa
Melanjutkan sebagian cerita/dongeng yang telah didengar (Bhs 9.1)
Menulis nama sendiri (Bhs 15.1)
Kognitif
Menyebutkan lambang bilangan 1-10 (Kog 12.1)
Mengenal pola ABCD-ABCD (Kog 10.1)
Fisik Motorik
Melakukan permainan fisik secara teratur (FK 3.1)
Meniru Bentuk (FH 7.1)

III.             Indikator
PAI
Menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah (PAI 14.1.2)
Aklaqul Karimah Sosial Emosional dan kemandirian
Senang merawat tanaman( ASK 4.1.2)
Bahasa
Mendengar dan menceriterakan kembali cerita secara urut (Bhs 9.1.2)
Menulis nama sendiri (Bhs 15.1)
Kognitif
Membilang (mengenal konsep bilangan dengan benda ) sampai 10 (Kog 12.1.2)
Memperkirakan urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan, Misal : merah, putih, biru, merah, merah, ......(Kog 10.1.1)

Fisik Motorik
Melakukan permainan fisik, misal: petak umpet, tikus dan kucing, dll(FK  3.1.2)
Meniru membuat garis tegak, datar, miring, lenkung dan lingkaran(FH 7.1.1)


Tujuan Pembelajaran
Setelah mengikuti kegiatan diharapkan:
1.      Dengan mengucapkan kalimat toyyibah anak dapat menyebutkan dan menghafal kalimat toyyibah
2.      Dengan praktek langsung menyiram tanaman anak dapat mengenal tata cara beraklaq kepada alam/tumbuh-tumbuhan
3.      Dengan kegiatan mendengar cerita  tentang tanaman bunga mawar anak dapat menambah kosa kata, ketajaman dalam mendengar dan menjimak
4.      Dengan menyebutkan urutan bilangan berdasarkan kelopak bunga mawar anak dapat belajar berhitung lebih awal serta mengenal penghitungan melalui benda-benda
5.      Dengan kegiatan mengurutkan warna bunga mawar anak dapat belajar tentang pola
6.      Dengan melakukan permaian /lomba mengoper bunga anak dapat berlatih kecepatan dan kecermatan
7.      Dengan mengarsir gambar anak dapat berlatih kelenturan jari-jari tangan

Materi pembelajaran
1.      Mengucapkan kalimat toyyibah “subhanalloh, alhamdhulillah, allohuakbar
2.      Praktek langsung menyiram tanaman bunga mawar
3.      Mendengar cerita tentang tanaman bunga mawar
4.      Menghitung jumlah kelopak bunga mawar
5.      Mengurutka gambar bunga mawar sesuai pola (merah, kuning, hijau, biru,......dst)
6.      Lomba mengoper bunga mawar
7.      Mengarsir gambar “bunga mawar”

Metode
Ø    Demontrasi
Ø    Tanya jawab
Ø    Penugasan
Ø    Bercerita

Densitas main
·         Mengarsir gambar
·         Mengurutkan pola
·         Menghitung berdasarkan jumlah kelopak bunga mawar
·         Menyiram bunga
·         Meniru tulisan

Sumber dan media
Sumber : Buku Pedoman Pembelajaran/kurikulum
Media   : Bunga mawar, macam-macam warna gambar bunga mawar, pensil, penghapus, kertas, air, gayung

Model Pembelajaran : BCCT/Sentra

Langkah-langkah pelaksanaan
1.      Pijakan lingkungan
a.       Penyiapan alat dan bahan
b.      Main pembukaan(pengalaman gerakan kasar) (± 15 menit)
Guru menyiapkan seluruh anak dalam lingkaran, lalu menyebutkan kegiatan anak yang akan dilakukan. Kegiatan main pembukaan ini adalah lomba mengoper bunga mawar. Anak dibagi menjadi 2 kelompok Kegiatan ini berlangsung sekitar lima belas menit
c.       Transisi
d.      PAI

2.      Kegiatan Inti
1.      Pijakan pengalaman sebelum main (± 15 menit)
a.       Guru dan anak duduk melingkar, memberi salam dan menanyakan khabar anak-anak
b.      Guru meminta anak untuk melihat siapa saja yang tidak hadir hari ini (mengabsen)
c.       Berdoa bersama
d.      Tanya jawab tentang tema/sub tema(Tanaman/Tanaman bunga (bunga mawar)
e.       Tanya jawab tentang tema dan kaitan main yang akan dilakukan
f.       Guru mengenalkan semua tempat dan alat main yang sudah disiapkan
·         Menyiram bunga di taman sekolah
·         Menghitung berdasarkan jumlah kelopak bunga
·         Mengarsir gambar bunga mawar
·         Mengurutkan pola berdasakan gambar bunga mawar
g.      Guru menjelaskan tujuan yang akan di capai pada kegiatan main
h.      Guru menjelaskan aturan main, memilih teman main, memilih mainan, cara menggunakan alat, kapan memulai dan mengakhiri main serta merapikan kembali alat yang sudah dimainkan pada kegiatan main
i.        Guru menawarkan pada anak untuk memilih dan memberikan kesempatan pada anak untuk memilih tempat main
j.        Guru mempersilahkan anak untuk memulai bermain

2.      Pijakan pengalaman selama anak main (± 60 )
a.       Guru berkeliling diantara anak-anak yang sedang main
b.      Guru memberi contoh cara main pada anak yang belum bisa mengunakan bahan/alat
c.       Memberi dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak
d.      Guru memancing/membuka pertanyaan untuk memperluas cara main anak agar anak lebih aktif, kreatif dan inovatif dalam bermain
e.       Memberi bantuan pada anak yang membutuhkan
f.       Memnberi kesempatan kepada anak untuk mencoba dengan cara lain(tenik coba ralat)
g.      Guru mencatat yang dilakukan anak
h.      Guru mengumpulkan hasil kerja anak
i.        Guru  memberitahukan pada anak batas waktu main hampir habis(ketika waktu tinggal 5 menit lagi)
j.        Pijakan Pengalaman setelah main (± 30 menit)
a.       Bila waktu bermain habis guru memberitahukan saatnya untuk membereskan mainan
b.      Bila anak belum terbiasa membereskan mainan guru bisa membuat permainan yang menarik
c.       Guru menyiapkan tempat mainan yang berbeda untuk setiap jenis mainan
d.      Guru membantu anak membereskan baju bila ada yang basah dan kotor
e.       Guru meminta anak untuk duduk melingkar kembali bersama-sama
f.       Guru menanyakan kembali kepada setiap anak tentang kegiatan main yang tadi dilakukannya.(recaling)
g.      Guru memberikan penegasan konsep yang dikembangkan
h.      Guru mengajak anak untuk berkeliling melihat karya teman-temanya (bisa dengan duduk dalam lingkaran, karya anak diperlihatkan satu-satu)
i.        Guru memberikan kesempatan kepada anak untuk menuangkan pengalaman bermainya dalam bentuk tulis dan gambar
3          Makan bekal bersama (± 15 menit)
a.       Guru mengecek bekal anak, apakah ada anak yang tidak membawa bekal
b.      Guru memberitahukan jenis makanan yang baik dan kurang baik
c.       Jadikan waktu makan sebagai pembiasaan tatacara makan yang baik
d.      Libatkan anak untuk membereskan bekas makanan dan membuang bungkus makanan ke dalam tempat sampah

4          Bermain Bebas (± 15 menit)
a.       GuRu mengawasi/memberikan arahan pada anak ketika bermain bebas

5         Penutup (± 30 menit)
a.       Guru mengajak anak duduk dalam lingkaran kembali
b.      Guru melakukan diskusi kegiatan yang telah dilakukan hari ini
c.       Guru mengajak anak untuk bernyanyi lagu Lihat Kebunku
d.      Guru menyampaikan kepada anak rencana kegiatan yang akan dilakukan esok hari
e.       Guru menyampaikan pesan kepada anak untuk bermain/belajar yang sama di rumah masing-masing
f.       Guru meminta salah satu anak untuk memimpin doa penutup(bergiliran setiapa hari)
g.      Untuk menghindari berebut saat bersalaman ketika akan pulang, guru sebaiknya mengunakan urutan berdasarkan urutan nama depan anak sesuai abjad(atau dengan cara lain)


KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR


I.Pijakan awal
a.       Ikrar
b.      PL Lomba mengoper bunga
II. Kegiatan Awal(± 30 menit)
Ø  Mengucap salam
Ø  Berdoa
Ø  Menyapa anak tentang khabar hari ini, mengabsen
Ø  Mengenalkan hari tanggal dan tahun
Ø  Pembahasan tema ; tanaman/Tanaman bunga
Mendengar cerita tentang tanaman bunga
Menyanyi lagu"Lihat Kebunku"
III  Kegiatan inti (± 60 menit)
Sentra Persiapan:
1.      Menghitung jumlah kelopak bunga mawar
2.      Mengurutkan pola
3.      Mengarsir gambar bunga mawar

IV  Istirahat/Makan bekal (± 30 menit)
Ø  Cuci tangan sebelum dan sesudah makan
Ø  Berdoa sebelum dan sesudah makan
Ø  Makan bersama
Ø  Bermain Bebas
V    Penutup (± 30 menit)
Ø  Diskusi tentang pengalaman main anak dan saling menceriterakan
Ø  Menyanyi lagu "lihat kebunku"
Ø  Diskusi kegiatan esok hari
Ø  Pesan dan kesan
Ø  Doa, salam
Ø  Pulang


  Sumber dan media
  Sumber : Buku Pedoman Pembelajaran/kurikulum 2010
  Media   : bunga, pensil, kertas,pola gambar, gambar bunga, LKS

  Evaluasi atau Asesmen
Ø  Proses : Pengamatan : PL Lomba mengoper bunga mawar
Ø  Produk : Hasil karya Anak : Mengarsir gambar bunga mawar
Ø  Percakapan : Bunga mawar
Ø  Hasil belajar   : tes Lisan
Soal Lisan: Tanya jawab tentang buah semangka
1.      Apa warna bunga mawar?
2.      Bagaimana bau bunga mawar?
3.      Dimana bunga mawar tumbuh?
4.      Siapa yang menciptakan bunga mawar?
Kunci jawaban:
1.      Merah, putih
2.      Harum
3.      Di kebun/di halaman
4.      Alloh


No comments:

Post a Comment