RENCANA
KEGIATAN HARIAN
Nama
Sekolah : RA Asy-Syifa
Semester/Minggu : I/I
Kelompok : B
Tema/Sub
Tema : Tanaman/Tanaman Bunga
(Bunga Mawar)
Hari/ Tanggal :
Alokasi
Waktu : 08.00-11.00 Wib
Sentra :Persiapan
|
I.
Tingkat
Pencapaian Perkembangan
|
|
|
PAI
|
Mampu
menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah (PAI 14)
|
|
Aklaqul
Karimah Sosial Emosional dan kemandirian
|
Mengenal
tatacara beraklaq/berperilaku terhadap binatang dan alam (ASK 5)
|
|
Bahasa
|
Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah didengar (Bhs 9)
Menulis
nama sendiri (Bhs 15)
|
|
Kognitif
|
Menyebutkan
lambang bilangan 1-10 (Kog 12)
Mengenal
pola ABCD-ABCD (Kog 10)
|
|
Fisik
Motorik
|
Melakukan
permainan fisik secara teratur (FK 3)
Meniru
Bentuk (FH 7)
|
|
II.
Capaian
Perkembangan
|
|
|
PAI
|
Mampu
menyebutkan, menghafal dan mempraktekkan kalimat toyyibah (PAI 14.1)
|
|
Aklaqul
Karimah Sosial Emosional dan kemandirian
|
Menyayangi
ciptaan Alloh (ASK 4.1)
|
|
Bahasa
|
Melanjutkan
sebagian cerita/dongeng yang telah didengar (Bhs 9.1)
Menulis
nama sendiri (Bhs 15.1)
|
|
Kognitif
|
Menyebutkan
lambang bilangan 1-10 (Kog 12.1)
Mengenal
pola ABCD-ABCD (Kog 10.1)
|
|
Fisik
Motorik
|
Melakukan
permainan fisik secara teratur (FK 3.1)
Meniru
Bentuk (FH 7.1)
|
|
III.
Indikator
|
|
|
PAI
|
Menghafal
dan mempraktekkan kalimat toyyibah (PAI 14.1.2)
|
|
Aklaqul
Karimah Sosial Emosional dan kemandirian
|
Senang
merawat tanaman( ASK 4.1.2)
|
|
Bahasa
|
Mendengar
dan menceriterakan kembali cerita secara urut (Bhs 9.1.2)
Menulis
nama sendiri (Bhs 15.1)
|
|
Kognitif
|
Membilang
(mengenal konsep bilangan dengan benda ) sampai 10 (Kog 12.1.2)
Memperkirakan
urutan berikutnya setelah melihat bentuk lebih dari 3 pola yang berurutan,
Misal : merah, putih, biru, merah, merah, ......(Kog 10.1.1)
|
|
Fisik
Motorik
|
Melakukan
permainan fisik, misal: petak umpet, tikus dan kucing, dll(FK 3.1.2)
Meniru
membuat garis tegak, datar, miring, lenkung dan lingkaran(FH 7.1.1)
|
Tujuan
Pembelajaran
Setelah
mengikuti kegiatan diharapkan:
1.
Dengan
mengucapkan kalimat toyyibah anak dapat menyebutkan dan menghafal kalimat
toyyibah
2.
Dengan
praktek langsung menyiram tanaman anak dapat mengenal tata cara beraklaq kepada
alam/tumbuh-tumbuhan
3.
Dengan
kegiatan mendengar cerita tentang
tanaman bunga mawar anak dapat menambah kosa kata, ketajaman dalam mendengar
dan menjimak
4.
Dengan
menyebutkan urutan bilangan berdasarkan kelopak bunga mawar anak dapat belajar
berhitung lebih awal serta mengenal penghitungan melalui benda-benda
5.
Dengan
kegiatan mengurutkan warna bunga mawar anak dapat belajar tentang pola
6.
Dengan
melakukan permaian /lomba mengoper bunga anak dapat berlatih kecepatan dan kecermatan
7.
Dengan
mengarsir gambar anak dapat berlatih kelenturan jari-jari tangan
Materi
pembelajaran
1.
Mengucapkan
kalimat toyyibah “subhanalloh, alhamdhulillah, allohuakbar
2.
Praktek
langsung menyiram tanaman bunga mawar
3.
Mendengar
cerita tentang tanaman bunga mawar
4.
Menghitung
jumlah kelopak bunga mawar
5.
Mengurutka
gambar bunga mawar sesuai pola (merah, kuning, hijau, biru,......dst)
6.
Lomba
mengoper bunga mawar
7.
Mengarsir
gambar “bunga mawar”
Metode
Ø
Demontrasi
Ø
Tanya
jawab
Ø
Penugasan
Ø
Bercerita
Densitas main
·
Mengarsir
gambar
·
Mengurutkan
pola
·
Menghitung
berdasarkan jumlah kelopak bunga mawar
·
Menyiram
bunga
·
Meniru
tulisan
Sumber dan media
Sumber
: Buku Pedoman Pembelajaran/kurikulum
Media : Bunga mawar, macam-macam warna gambar
bunga mawar, pensil, penghapus, kertas, air, gayung
Model
Pembelajaran : BCCT/Sentra
Langkah-langkah
pelaksanaan
1.
Pijakan
lingkungan
a.
Penyiapan
alat dan bahan
b.
Main
pembukaan(pengalaman gerakan kasar) (± 15 menit)
Guru menyiapkan seluruh anak dalam
lingkaran, lalu menyebutkan kegiatan anak yang akan dilakukan. Kegiatan main
pembukaan ini adalah lomba mengoper bunga mawar. Anak dibagi menjadi 2 kelompok
Kegiatan ini berlangsung sekitar lima belas menit
c.
Transisi
d.
PAI
2.
Kegiatan Inti
1.
Pijakan
pengalaman sebelum main (± 15 menit)
a.
Guru
dan anak duduk melingkar, memberi salam dan menanyakan khabar anak-anak
b.
Guru
meminta anak untuk melihat siapa saja yang tidak hadir hari ini (mengabsen)
c.
Berdoa
bersama
d.
Tanya
jawab tentang tema/sub tema(Tanaman/Tanaman bunga (bunga mawar)
e.
Tanya
jawab tentang tema dan kaitan main yang akan dilakukan
f.
Guru
mengenalkan semua tempat dan alat main yang sudah disiapkan
·
Menyiram
bunga di taman sekolah
·
Menghitung
berdasarkan jumlah kelopak bunga
·
Mengarsir
gambar bunga mawar
·
Mengurutkan
pola berdasakan gambar bunga mawar
g.
Guru
menjelaskan tujuan yang akan di capai pada kegiatan main
h.
Guru
menjelaskan aturan main, memilih teman main, memilih mainan, cara menggunakan
alat, kapan memulai dan mengakhiri main serta merapikan kembali alat yang sudah
dimainkan pada kegiatan main
i.
Guru
menawarkan pada anak untuk memilih dan memberikan kesempatan pada anak untuk
memilih tempat main
j.
Guru
mempersilahkan anak untuk memulai bermain
2.
Pijakan
pengalaman selama anak main (± 60 )
a.
Guru
berkeliling diantara anak-anak yang sedang main
b.
Guru
memberi contoh cara main pada anak yang belum bisa mengunakan bahan/alat
c.
Memberi
dukungan berupa pernyataan positif tentang pekerjaan yang dilakukan anak
d.
Guru
memancing/membuka pertanyaan untuk memperluas cara main anak agar anak lebih
aktif, kreatif dan inovatif dalam bermain
e.
Memberi
bantuan pada anak yang membutuhkan
f.
Memnberi
kesempatan kepada anak untuk mencoba dengan cara lain(tenik coba ralat)
g.
Guru
mencatat yang dilakukan anak
h.
Guru
mengumpulkan hasil kerja anak
i.
Guru memberitahukan pada anak batas waktu main
hampir habis(ketika waktu tinggal 5 menit lagi)
j.
Pijakan
Pengalaman setelah main (± 30 menit)
a.
Bila
waktu bermain habis guru memberitahukan saatnya untuk membereskan mainan
b.
Bila
anak belum terbiasa membereskan mainan guru bisa membuat permainan yang menarik
c.
Guru
menyiapkan tempat mainan yang berbeda untuk setiap jenis mainan
d.
Guru
membantu anak membereskan baju bila ada yang basah dan kotor
e.
Guru
meminta anak untuk duduk melingkar kembali bersama-sama
f.
Guru
menanyakan kembali kepada setiap anak tentang kegiatan main yang tadi
dilakukannya.(recaling)
g.
Guru
memberikan penegasan konsep yang dikembangkan
h.
Guru
mengajak anak untuk berkeliling melihat karya teman-temanya (bisa dengan duduk
dalam lingkaran, karya anak diperlihatkan satu-satu)
i.
Guru
memberikan kesempatan kepada anak untuk menuangkan pengalaman bermainya dalam
bentuk tulis dan gambar
3
Makan bekal bersama (± 15 menit)
a.
Guru
mengecek bekal anak, apakah ada anak yang tidak membawa bekal
b.
Guru
memberitahukan jenis makanan yang baik dan kurang baik
c.
Jadikan
waktu makan sebagai pembiasaan tatacara makan yang baik
d.
Libatkan
anak untuk membereskan bekas makanan dan membuang bungkus makanan ke dalam
tempat sampah
4
Bermain Bebas (± 15 menit)
a.
GuRu
mengawasi/memberikan arahan pada anak ketika bermain bebas
5
Penutup (± 30 menit)
a.
Guru
mengajak anak duduk dalam lingkaran kembali
b.
Guru
melakukan diskusi kegiatan yang telah dilakukan hari ini
c.
Guru
mengajak anak untuk bernyanyi lagu Lihat Kebunku
d.
Guru
menyampaikan kepada anak rencana kegiatan yang akan dilakukan esok hari
e.
Guru
menyampaikan pesan kepada anak untuk bermain/belajar yang sama di rumah
masing-masing
f.
Guru
meminta salah satu anak untuk memimpin doa penutup(bergiliran setiapa hari)
g.
Untuk
menghindari berebut saat bersalaman ketika akan pulang, guru sebaiknya
mengunakan urutan berdasarkan urutan nama depan anak sesuai abjad(atau dengan
cara lain)
KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR
I.Pijakan awal
a.
Ikrar
b.
PL Lomba mengoper bunga
II.
Kegiatan Awal(± 30 menit)
Ø Mengucap salam
Ø Berdoa
Ø Menyapa anak
tentang khabar hari ini, mengabsen
Ø Mengenalkan hari
tanggal dan tahun
Ø Pembahasan tema
; tanaman/Tanaman bunga
Mendengar cerita tentang tanaman bunga
Menyanyi lagu"Lihat Kebunku"
III Kegiatan inti (± 60 menit)
Sentra
Persiapan:
1.
Menghitung jumlah kelopak bunga mawar
2.
Mengurutkan pola
3.
Mengarsir gambar bunga mawar
IV Istirahat/Makan bekal (± 30 menit)
Ø Cuci tangan
sebelum dan sesudah makan
Ø Berdoa sebelum
dan sesudah makan
Ø Makan bersama
Ø Bermain Bebas
V Penutup (± 30 menit)
Ø Diskusi tentang
pengalaman main anak dan saling menceriterakan
Ø Menyanyi lagu "lihat kebunku"
Ø Diskusi kegiatan
esok hari
Ø Pesan dan kesan
Ø Doa, salam
Ø Pulang
Sumber dan media
Sumber : Buku Pedoman Pembelajaran/kurikulum
2010
Media
: bunga, pensil, kertas,pola gambar, gambar bunga, LKS
Evaluasi atau Asesmen
Ø Proses : Pengamatan : PL Lomba mengoper bunga mawar
Ø Produk : Hasil karya Anak : Mengarsir gambar bunga mawar
Ø Percakapan : Bunga mawar
Ø Hasil belajar
: tes Lisan
Soal Lisan:
Tanya jawab tentang buah semangka
1.
Apa warna bunga mawar?
2.
Bagaimana bau bunga mawar?
3.
Dimana bunga mawar tumbuh?
4.
Siapa yang
menciptakan bunga mawar?
Kunci jawaban:
1. Merah, putih
2. Harum
3.
Di kebun/di
halaman
4.
Alloh
No comments:
Post a Comment